Monday, January 19, 2015

PERKEMBANGAN MOUSE SAMPAI SAAT INI
Mouse merupakan alat bantu memasukkan data selain keyboard, mouse juga merupakan sebuah perangkat hardware yang sangat penting kegunaannya dalam computer. Mouse jika di artikan dalam Bahasa inggris berarti tikus. Ya, karena bentuk kabelnya yang menyerupai ekor tikus, maka dari situlah muncul sebuah istilah untuk mouse. Mouse diciptakan pertama kali oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963 di Stanford Research Institute. Pada saat itu mouse masih terbuat dari bahan dasar kayu, dengan ukuran yang masih sangat besar dengan hanya memiliki satu tombol saja. Baru pada keluaran kedua mouse berbentuk lebih ramping dengan dilengkapi tiga tombol dan memiliki  dua buah roda yang saling tegak lurus.
Disinilah mulai muncul peranan mouse yang sangat penting bagi dunia computer. Dan mouse sekarang ini mempunyai bentuk yang beraneka ragam dengan desain yang unik dan bermacam-macam. Namun bila dilihat dari bentuk sensornya mouse dapat dibagi menjadi 3 macam :
1.      Mouse mekanik, yaitu mouse dengan menggunakan sensor bola karet/ logam di sisi bawah dan dapat berputar kesemua arah untuk menggerakkan kursor pada layar sesuai arah bolanya tersebut.
2.      Optomekanik, secara keseluruhan sebenarnya sama dengan cara kerja mouse mekanik hanya saja ditambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan yang dilakukan oleh bola mouse.
3.      Mouse optic, mouse ini yang banyak digunakan saat ini dan banyak beredar dipasaran. Mouse ini menggunakan sinar laser atau sinar LED untuk mendeteksi pergerakan mouse itu sendiri.
Berikut ini contoh gambarnya :
1.      Mouse ball

2.      Mouse optic

Gambar diatas merupakan contoh gambar mouse ball dan mouse optic. Namun perkembangan mouse saat ini sangat pesat seiring dengan permintaan konsumen yang beraneka ragam hingga perkembangan mouse sekarang tidak menggunakan kabel/ nirkabel. Sudah banyak dikalangan masyarakat yang menggunakan mouse tanpa kabel ini tak terkecuali kita sendiri sebagai konsumennya. Mouse jenis ini biasa disebut mouse wireless, menghubungkan mouse terhadap computer tanpa kabel. Prinsipnya mengirimkan data melalui Bluetooth, inframerah/ infrared atau menggunakan sinyal radio. Banyak produk-produk menggunakan system kerja mouse seperti ini karena berlomba untuk menarik pelanggan maka dibuatlah mouse yang semakin canggih dan beraneka ragam.
Berikut ini contoh gambar dari mouse wireless :


Referensi :

.Feni Fahmeini (2014). Perkembangan Mouse. From http://www.slideshare.net/fenie/perkembangan-mouse-39177303 , 19 Januari 2014

0 komentar:

Post a Comment